5 Perilaku Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam kehidupan sehari – hari kita selalu berinteraksi dengan sesama, namun dalam berinteraksi banyak hal yang membuat kita terkesima ataupun tersakiti. Biasanya kita terkesima dikarenakan sikap baik seseorang terhadap kita. Dan kalau tersakiti ini biasanya akibat dari perilaku seseorang yang tidak baik terhadap kita? Betul ?

Ya begitulah kehidupan, kadang manis kadang juga pahit, namun saya disini memberikan tips agar Kehidupan Kamu Bahagia dan Tenang, mari simak Artikel ini.

Contoh Perilaku Mulia Dalam Kehidupan

  1. Sopan - Santun dan Ramah – Tamah

Sopan – Santun dan Ramah – Tamah adalah ciri mendasar pada seseorang yang beriman kepada Allah SWT. Mengapa demikian ? Karena Sopan – Santun dan Ramah – Tamah adalah salah satu akhlak yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebagai contoh dan panutan. Rasulullah SAW merupakan orang yang santun dan lembut dalam perkataannya serta ramah – tamah perilakunya. Oleh karena itu ditunjukkan oleh Rasulullah SAW kepada keluarga dan sahabat – sahabatnya namun juga di tunjukkan kepada orang lain bahkan orang yang membenci atau memusuhinya sekalipun.

 

Baca Juga :

  1. Jujur dan Amanah

Jujur dan amanah merupakan sifat orang – orang yang beriman dan saleh. Orang beriman dan Shaleh ini tidak akan mengeluarkan perkataan dusta dan berperilaku khianat, jika seseorang itu benar – benar beriman kepada Allah SWT. Manusia yang membiasakan diri dengan  hidup jujur dan amanah, maka hidupnya akan di kelilingi kebahagiaan dan ketenangan. Coba lihat orang yang melakukan keburukan atau kejahatan hidupnya biasanya tidak tenang, setiap hari merasa gelisah, dikarenakan mereka tahu kalau perbuatannya salah.

Maka dari itu mari kita jaga perkataan dan sikap kita agar kita bisa belajar berPerilaku Mulia kepada Manusia dan Allah SWT.

  1. Gemar Beribadah

Beribadah merupakan kebutuhan rohani bagi manusia seperti olahraga, makan, minum, dan istirahat sebagai kebutuhan jasmaninya. Karena hal ini merupakan kebutuhan, maka tidak ada alas an orang yang beriman untuk melalaikan atau meninggalkannya. Orang yang beriman akan dengan senang hati melakukannya tanpa ada rasa keterpaksaan sedikitpun.

  1. Gemar Menolong Sesama

Menolong orang lain pada hakikatnya merupakan menolong diri sendiri. Jadi bagi orang yang beriman, menolong dengan dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Semata-mata akan mendatangkan rahmat dan karunia yang tidak ada hentinya. Jika seseorang banyak melakukan kebaikan seperti gemar menolong orang lain maka hidupnya akan mulia dan terhormat.

Namun sebaliknya, bagi orang – orang kikir dan enggan membantu orang lain, dapat dipastikan ia akan mengalami kesulitan hidup di dunia ini. Maka tolonglah orang lain, niscaya pertolongan akan dating kepadamu meskipun bukan berasal dari orang yang kamu tolong.

  1. Menjalankan amar makruf dan nahi munkar

Maksud amar makruf dan nahi munkar merupakan mengajak dan menyerukan orang lain untuk berbuat kebaikan dan mencegah orang lain melakukan kemungkaran atau kemaksiatan. Oleh karena itu dapat dilakukan dengan efektif jika ia telah memberikan contoh yang baik bagi orang lain yang di serunya. Tugas mulia tersebut haruslah dilkukan oleh setiap orang yang beriman. Ajaklah orang lain berbuat kebaikan dan cegahlah ia dari kemungkaran.

Baca Juga :

Kesimpulan Dari Perilaku Mulia Sendiri

Kita sebagai makhluk sosial haruslah mempunyai sifat jujur dan amanah dan mempunyai perilaku gemar menolong sesama, dengan hal itu kita bisa hidup dengan Bahagia dan tenang. Banyak manusia yang masih enggan menolong sesama akhirnya ketika terjadi musibah orang tersebut tidak ada yang mau menolong. Coba kita suka dan sering menolong orang, maka kita akan di tolong jika terkena musibah atau kesusahan.

Demikian artikel tentang 5 Perilaku Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari kali ini, semoga bermanfaat, Terima Kasih.



Artikel Terkait